Thursday 2 June 2016

Kalsium Hipoklorit? Apa itu?

          Saat ini, renang adalah hobi atau kegemaran yang sangat diminati banyak kalangan dari anak -anak sampai orang dewasa. Hal itu merupakan kebutuhan yang saat ini bak dianggap seperti kudapan sehari-hari, tetapi beberapa kalangan tidak tahu bahwa sebenarnya memilih tempat renang merupakan hal yang penting sehingga kita tahu bahwa kolam berenang yang kita tuju tidak mengandung Kalsium Hipoklorit. Sebenarnya, apa sih Kalsium Hipoklorit itu?
          Kalsium Hipoklorit atau disingkat Kaporit adalah suatu senyawa kimia yang merupakan penggabungan antara unsur Kalsium (Ca), Klorin (Cl) dan Oksigen (O2) yang dimanfaatkan untuk penjernihan air layaknya tawas sehingga menghasilkan senyawa bersimbol kimi (Ca(Cl)O4). Mungkin beberapa orang kaporit ini hanyalah bubuk yang tidak memiliki pengaruh apa-apa tetapi faktanya, kaporit ini memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi kulit.
          Wujud dari kaporit sendiri, adalah bubuk putih yang mirip sekali dengan garam. cara menggunakannya sangat sedikit misal kolam berenang berukuran 40 x 30 m. Untuk menjernihkan kolam itu hanya memerlukan sekitar 1 sampai 2 sendok deterjen kaporit yang dilarutkan dalam sejumlah liter air dan kemudian dituangkan ke kolam tersebut.
          Meskipun dalam jumlah yang sedikit, kaporit merupakan senyawa dengan tingkat keasaman tinggi sehingga dampak pada kulit sangat terlihat. kaporit dapat merusak sel-sel kulit tubuh sehingga kulit akan terlihat kering dan kasar. Tidak hanya kulit, kaporit juga dapat memerahkan mata sehingga terjadi iritasi ringan jika terkena mata.
          Dari dampak diatas, dapat kita pelajari bahwa memilih lokasi renang adalah hal yang penting. selain itu, usahakan untuk menggunakan tabir surya saat ingin berenang untuk menghindari kulit kering atau semacamnya dan jangan lupa juga untuk selalu mengenakan kacamata renang untuk menghindari iritasi mata ringan.

0 comments:

Post a Comment