Thursday 19 March 2015

Tugas TOU 2 Minggu (2) tentang Perusahaan Multinasional (Koenigsegg Automotive AB)



Pada postingan saya kali ini saya akan menulis tentang salah satu perusahaan mobil multinasional ternama di dunia yaitu Perusahaan Koenigsegg Automotive AB.
 Hasil gambar untuk perusahaan koenigsegg
Koenigsegg Automotive AB adalah perusahaan mobil sport berperforma tinggi yang berasal dari Swedia. Perusahaan ini bermarkas di Ängelholm, Swedia.
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 di Swedia oleh Christian von Koenigsegg, dengan tujuan untuk menciptakan mobil super berkualitas dunia.
Tahun 2006, Koenigsegg memulai produksi CCX, yang mesinnya memang dibuat khusus untuk mobil itu saja. CCX legal untuk dikendarai di jalanan umum di banyak negara, termasuk di Amerika Serikat.

Bulan Maret 2009 Koenigsegg CCXR dipilih Forbes sebagai salah satu dari 10 mobil tercantik di dunia.
Bulan Desember 2010 Koenigsegg Agera memenangkan penghargaan prestisius dari BBC Top Gear sebagai Hypercar of the Year Award.

Sejarah singkat nama Koenigsegg.
 Sejarah munculnya brand Koenigsegg berawal pada tahun 1994, ketika Christian von Koenigsegg memutuskan untuk menciptakan sports car yang sempurna menurut dirinya. Ini merupakan impian Christian yang tumbuh sejak kecil setelah sering menyaksikan puppet movie asal Norwegia yang berjudul “Pinchcliffe Grand Prix” saat dirinya masih berusia lima tahun.

Christian Von Koenigsegg
 Pada usia 22 tahun, Christian menghentikan karirnya di “Alpraaz” trading company dan mulai memfokuskan dirinya dalam mengembangkan “Koenigsegg” car company. Kesuksesan yang diraihnya kemudian memberikan von Koenigsegg keberhasilan finansial hingga mampu mendorong dirinya untuk meniti karir sesuai dengan keinginannya sebagai produsen mobil.
     Workshop Koenigsegg sendiri awalnya berlokasi di Olofström hingga pada tahun 1997 perusahaan tersebut membutuhkan fasilitas yang lebih besar dan pindah ke Margretetorp. Lalu setelah salah satu production hall mengalami kebakaran pada tahun 2003, workshop Koenigsegg kembali berpindah dan kini menempati lahan seluas 4000 meter persegi yang sebelumnya dipergunakan sebagai base bagi Swedish Air Force.
        Pada awalnya, technical layout dari mobil pertama Koenigsegg dibuat oleh Christian von Koenigsegg sendiri yang lalu dijadikan sebagai model sketsa dengan perbandingan 1:5 oleh David Crafoord yang menjabat sebagai Industrial Designer. David sendiri juga ikut menambahkan sejumlah personal touch terhadap desain awal tersebut. Usai merampungkan desain buatannya, Koenigsegg pun melanjutkan prosesnya lewat pembuatan prototype yang secara ajaib keluar untuk pertama kalinya pada tahun 1996. Mobil ini dibuat di atas monocoque chassis fabrikasi yang unik dengan komponen suspensi, rem dan wishbone yang didesain secara khusus. Prototype ini kemudian melewati serangkaian tes dalam kurun waktu beberapa tahun dan sejumlah mobil baru mulai diproduksi.
Koenigsegg CC Concept


Pada tahun 1977, prototype Koenigsegg CC ditampilkan pada Cannes film festival dan berhasil memancing perhatian seluruh pengunjung berkat desain dan performance-nya yang luar biasa. Kesuksesan ini kemudian mendorong perusahaan untuk meneruskan pengembangan desain untuk menghasilkan produk akhir yang lebih sempurna.
      Pada tahun 2000, sejumlah composite engineers dari SAAB, Bentley dan Bugatti yang highly qualified disewa oleh Koenigsegg untuk memproduksi final bodywork yang ditargetkan untuk selesai pada tanggal 28 September, tanggal dimana all-new Koenigsegg CC dijadwalkan tampil untuk pertama kalinya di Paris Motor Show.
      Setahun kemudian, mobil tersebut dianugerahi sejumlah design awards, antara lain German Red Dot award yang prestisius dan penghargaan untuk excellent Swedish design. Koenigsegg CC juga dipilih sebagai “Car of the year” oleh majalah asal Swedia “Automobil”.
Koenigsegg CCR
      Kejutan lain muncul pada tahun 2004 saat event Geneva Motor Show dimana Koenigsegg melakukan debut dari CCR berkekuatan 806 hp. Setelah kemunculannya, mobil ini menjadi mobil tercepat di dunia setelah berhasil meraih kecepatan 395 km/jam pada tahun berikutnya, memecahkan rekor sebelumnya yang dicatat oleh McLaren F1.
Koenigsegg CC GT
     Dengan segala prestasinya tersebut, von Koenigsegg telah menunjukkan kepada dunia  bahwa mimpi dapat menjadi kenyataan ketika kita mempercayainya. Berikut quote yang inspiratif dari Christian von Koenigsegg : “I truly feel that our cars have souls. We at Koenigsegg have all poured our hearths into the creation of the cars and we are confident this can be experienced when driving one.”
sumber : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Koenigsegg
http://www.kaskus.co.id/thread/50f3f1bf542acf0e7600000f/koenigsegg--hypercar-asal-swedia
http://deseeft.blogspot.com/2014/05/history-of-koenigsegg-by-suhendar.html
https://www.google.com/search?q=sejarah+perusahaan+koenigsegg&biw=1366&bih=696&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=S5wKVeuZEovbuQSZ5ILYBA&ved=0CAYQ_AUoAQ#tbm=isch&q=perusahaan+koenigsegg

0 comments:

Post a Comment