Saturday 27 December 2014

Joint Venture (Tugas Softskill 6)

pada postiingan kali ini saya akan menjelaskan tentang joint venture dna contoh perusahaannya berikut visi dan misinya.

Joint Venture 

adalah dua atau lebih perusahaan independen menyetor modal bersama untuk menciptakan perusahaan baru. Joint venture adalah kerja sama beberapa pihak untuk menyelenggarakan usaha bersama dalam jangka waktu tertentu. Biasanya kerja sama berakhir setelah tujuan tercapai atau pekerjaan selesai. Seringkali joint venture disamakan dengan CV, tetapi hal itu berbeda, perbedaan antara joint venture dengan adalah umur joint venture jauh lebih pendek dari pada umur persekutuan yang biasa.
Anggota joint venture disebut venture / partner / sekutu. Pada umumnya, semua sekutu ikut mengelola jalannya perusahaan.
Sebagai salah satu contoh perusahaan-perusahaan yang melakukan Joint Venture adalah sebagai berikut :
Indofood dengan Nestle

Dua perusahaan yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) dan Nestle S.A (Nestle), Switzerland, membentuk perusahaan patungan (joint venture). Perusahaan joint venture itu adalah PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia.

Perusahaan joint venture itu akan fokus di bisnis kuliner (bumbu penyedap makanan). Menurut CEO PT Indofood Anthoni Salim, pendirian usaha patungan baru ini, akan menciptakan peluang memperbesar pangsa pasar. Sebab, dua perusahaan besar ini akan saling memanfaatkan dan mengembangkan kekuatan yang dimilikinya. Produk-produk yang sudah dihasilkan oleh PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia adalah sebagai berikut :
 Indofood Bumbu Racik



Kelezatan Bumbu Alami. Bumbu Racik Indofood hadir sebagai solusi dalam pembuatan menu sehari-hari yang lezat dan nikmat. Tersedia dalam lima varian yaitu Nasi Goreng, Ayam Goreng, Sayur Lodeh, Sayur Asem dan Tumis.Bumbu Racik Indofood terbuat dari bumbu dan rempah-rempah asli yang telah dikeringkan tanpa penambahan bahan pengawet dan pewarna. Penggunaannya praktis sehingga Anda tak perlu mengulek sendiri, sekaligus menjaga dapur tetap bersih.
Dan masih banyak lagi seperti Maggi, Kecap Indofood, Kecap Enak Piring Lombok, bumbu Instan Indofood, dsb.

VISI dan MISI PT. Indofood Sukses Makmur 


Visi : 

Menjadi Total Food Solutions Company

Misi :

• Untuk terus meningkatkan karyawan kami, proses kami dan teknologi kami.
• Untuk menghasilkan kualitas tinggi, inovatif, dan terjangkau produk yang disukai oleh pelanggan.
• Untuk memastikan ketersediaan produk-produk kami kepada pelanggan domestik dan internasional. • Untuk memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia dengan penekanan pada gizi.
• Untuk terus meningkatkan stakeholders ‘value.


sumber :
http://athamahmud.blogspot.com/2012/10/tugas-manajemen-pemasaran.html
http://imanagementpetra.blogspot.com/2013/04/perusahaan-joint-venture.html

0 comments:

Post a Comment