Saturday 27 December 2014

Kartel (Tugas Softskill 8)

pada postingan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang kartel dan contoh kartel serta visi dan misinya

Kartel adalah kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai dan kompetisi. Berdasarkan hukum anti monopoli, kartel dilarang di hampir semua negara. Walaupun demikian, kartel tetap ada baik dalam lingkup nasional maupun internasional, formal maupun informal. Berdasarkan definisi ini, satu entitas bisnis tunggal yang memegang monopoli tidak dapat dianggap sebagai suatu kartel, walaupun dapat dianggap bersalah jika menyalahgunakan monopoli yang dimilikinya. Kartel biasanya timbul dalam kondisi oligopoli, dimana terdapat sejumlah kecil penjual. Salah satu contoh perusahaan kartel yang ada di Indonesia yaitu PT Cargill Indonesia.
PT Cargill Indonesia adalah salah satu produsen dan pemasar internasional produk kedelai. Didirikan pada tahun 1865, perusahaan swasta ini memiliki 140.000 karyawan di 65 negara. Kegiatan PT Cargill Indonesia di Indonesia dimulai pada tahun 1974 dengan mendirikan pabrik pakan ternak skala kecil di Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Selama bertahun-tahun, PT Cargill Indonesia menikmati pertumbuhan yang substansial, dan saat ini ekspansi PT Cargill Indonesia telah mencakup pengumpulan, pengolahan penanganan, pengiriman dan pemasaran beragam produk pertanian dan pangan serta jasa terkait. Berkantor pusat di Jakarta dengan sejumlah kantor, pabrik dan fasilitas yang tersebar di seluruh Indonesia, PT Cargill Indonesia mempekerjakan lebih dari 10.000 karyawan.
PT Cargill Indonesia memulai bisnis di Indonesia dengan mengimpor kedelai pada tahun 1999. Selama 10 tahun belakangan ini, bisnis PT Cargill Indonesia diperluas hingga meliputi kegiatan rantai suplai biji-bijian dan minyak nabati yang melayani berbagai pelanggan local yang aktif baik di sektor industri pangan maupun pakan ternak.

Cargill mempunyai visi “ pada tahun 2015 akan menjadi rekanan pilihan, dikenal karena karyawan yang memiliki imajinasi dan berkomitmen untuk memberikan ide-ide terbaik bagi sektor yang  layani: pertanian, pangan dan manajemen resiko”. Misinya yakni “menciptakan nilai tambah dalam setiap bisnis yang dijalankan”. 

sumber :
http://www.rumahcsr.co.id/kebijakan-privasi/95-internal/profil/our-member/corporate/agro-industri/148-hindoli-cargill-pt
https://elianggra.wordpress.com/2012/11/05/kartel/

0 comments:

Post a Comment