Saturday 27 December 2014

Organisasi Regional (Tugas Softskill 12)

pada postingan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu organisasi regional dan contoh organisasinya.

Organisasi Regional adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja. Organisasi regional mempunyai wilayah kegiatannya bersifat regional, dan keanggotaan hanya diberikan bagi negara-negara pada kawasan tertentu saja.
contoh dari organisasi regional adalah ASEAN
  
ASEAN : Association of Southeast Asian Nations = Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA) ( Dibentuk 8 Agustus 1967, memiliki 10 negara anggota, Timor Leste dan Papua new Guinea hanya sebagai pemantau, dan masih mempertimbangkan akan menjadi anggota)

pendiri awal ASEAN dipelopori oleh Adam Malik dari Indonesia, Tun Abdul Razak dari Malaysia, S.Rajaratnan dari Singapura, Narciso Ramos dari Filipina dan Thanat Koman dari Thailand.

Visi dan Misi ASEAN :
visi dan misi ASEAN merupakan tujuan ASEAN yang tertulis dalam deklarasi saat ASEAN menyatakan dirinya telah berdiri. Tujuan ASEAN yang pertama adalah membuat perkembangan ekonomi, kemajuan sosial, serta perkembangan budaya di kawasan Asia Tenggara menjadi lebih pesat. tujuan kedua adalah adanya upaya peningkatan perdamaian serta stabilitas nasional. kemudian adanya peningkatan dalam kerjasama untuk kepentingan bidang ekonomi, ilmu pengetahuan, teknik, sosial dan administrasi. kepentingan kerja sama itu pula berkembang dalam bidang pendidikan, penelitian, serta pelatihan di kawasan Asia Tenggara.

sumber :
http://www.bimbingan.org/semua-tentang-organisasi-asean.htm
http://aliadelina.blogspot.com/2012/10/organisasi-regional-dan-internasional.html

0 comments:

Post a Comment